Selasa, 15 Mei 2018

nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari


MAKNA NILAI –NILAI SETIAP SILA PANCASILA

1.      Sila Pertama : “Ketuhanan Yang Maha Esa”

Sila pertama ini mengandung pengertian bahwa bangsa Indonesia mempunyai kebebasan untuk menganut agama dan menjalankan ibadah yang sesuai dengan keyakinan masing-masing. Sila pertama ini juga mengajak masyarakat  Indonesia untuk mewujudkan kehidupan yang selaras, serasi, dan seimbang antarsesama manusia dan makhluk ciptaan Tuhan sehingga timbul rasa saling menyayangi, saling menghargai dan menghormati.

Berikut nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama antara lain :

  Keyakinan terhadap adanya Tuhan yang Maha Esa dengan sifat-sifatnya yang Mahasempurna.
  Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dengan cara menjalankan semua perintah-Nya, dan sekaligus menjauhi segala larangan-Nya.
  Saling menghormati dan toleransi antara pemeluk agama yang berbeda-beda.
  Kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

Penerapan Sila ini dalam kehidupan
sehari-hari yaitu :                                                                      




Menyayangi binatang, menyayangi dan merawat tumbuhan-tumbuhan, selalu menjaga kebersihan dan sebagainya. Dalam Islam bahkan ditekankan, bahwa Allah tidak suka pada orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, tetapi Allah senang terhadap orang-orang yang selalu bertakwa dan selalu berbuat baik. Lingkungan hidup Indonesia yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa kepada rakyat dan bangsa Indonesia merupakan karunia dan rahmat-NYA yang wajib dilestarikan dan dikembangkan kemampuannya agar tetap dapat menjadi sumber dan penunjang hidup bagi rakyat dan bangsa Indonesia serta makhluk hidup lainya demi kelangsungan dan peningkatan kualitas Hidup itu sendiri.


2.      Sila Kedua : “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”

Sila kedua mengandung pengertian bahwa bangsa Indonesia diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya selaku makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, yang sama derajatnya, sama hak dan kewajibannya, tanpa membeda-bedakan agama, suku ras, dan keturunan.

Dengan demikian, pada sila “Kemanusiaan yang adil dan beradab” terkandung nilai-nilai sebagai berikut :
-          Pengakuan terhadap adanya harkat dan martabat manusia.
-          Pengakuan terhadap keberadaan manusia sebagai makhluk yang paling mulia diciptakan Tuhan.
-          Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan harus mendapat perlakuan yang adil terhadap sesama manusia.
-          Mengembangkan sikap tenggang rasa agar tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain.
Penerapan Sila ini dalam kehidupan sehari-hari yaitu :


Dapat diwujudkan dalam bentuk kepedulian akan hak setiap orang untuk memperoleh lingkungan hidup yang baik dan sehat, hak setiap orang untuk mendapatkan informasi lingkungan hidup yang berkaitan dengan peran dalam pengelolaan lingkungan hidup, hak setiap orang untuk berperan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup yang sesuai dengan ketentuanketentuan hukum yang berlaku.

  1. Sila Ketiga : “Persatuan Indonesia”
Makna dalam sila ketiga ini adalah suatu wujud kebulatan yang utuh dari berbagai aspek kehidupan, yang meliputi ideologi, politik, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan yang semuanya terwujud dalam suatu wadah, yaitu Indonesia.

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga, antara lain sebagai berikut.
  • Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  • Memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
  • Pengakuan terhadap keragaman suku bangsa dan budaya bangsa dan sekaligus mendorong ke arah pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa.
Penerapan Sila ini dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

Dengan melakukan inventarisasi tata nilai tradisional yang harus selalu diperhitungkan dalam pengambilan kebijaksanaan dan pengendalian pembangunan lingkungan di daerah dan mengembangkannya melalui pendidikan dan latihan serta penerangan dan penyuluhan dalam pengenalan tata nilai tradisional dan tata nilai agama yang mendorong perilaku manusia untuk melindungi sumber daya dan lingkungan.

  1. Sila Keempat : “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan”
Artinya setiap orang Indonesia sebagai warga masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia mempunyai hak, kewajiban, dan kedudukan yang sama dalam pemerintahan. Dalam menggunakan hak-haknya kita harus menyadari perlunya selalu memperhatikan dan mengutamakan kepentingan negara dan kepentingan masyarakat atau dapat dikatakan kepentingan bersama.
Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat, antara lain sebagai berikut.
  • Kedaulatan negara ada di tangan rakyat.
  • Manusia Indonesia sebagai warga masyarakat dan warga negara mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
  • Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
  • Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat daripada kepentingan pribadi atau golongan.
  • Mengutamakan musyawarah dalam setiap pengambil keputusan.
Penerapan Sila ini dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

Setiap kegiatan pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan bersama terlebih dahulu selalu diadakan musyawarah untuk mencapai mufakat. Musyawarah untuk mencapai mufakat tersebut dilakukan dengan semangat kekeluargaansebagai ciri khas kepribadian bangsa Indonesia.
  1. Sila Kelima “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”
Maksudnya masyarakat Indonesia menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Untuk itu dikembangkan sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta menghormati hak-hak orang lain.
Adapun nilai-nilai yang tercermin dalam sila kelima, antara lain sebagai  berikut.
  • Mewujudkan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, terutama meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, dan pertahanan keamanan nasional.
  • Keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain.
  • Bersikap adil dan suka memberi pertolongan kepada orang lain.
  • Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang terpuji yang senantiasa mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong-royongan.
  • Cinta akan kemajuan dan pembangunan bangsa, baik material maupun spiritual.
Penerapan Sila ini dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

Penerapan sila ini tampak dalam ketentuan-ketentuan hukum yang mengatur masalah lingkungan hidup. Sebagai contoh :
  • Mengelola sumber daya alam dan memelihara daya dukungnya agar bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan rakyat dari generasi ke generasi.
  • Meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup dengan melakukan konservasi, rehabilitasi dan penghematan pengunaan dengan menerapkan teknologi ramah lingkungan.
  • Mendelegasikan secara betahap wewenang pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan pengelolaan sumber daya alam secara selektif dan pemeliharaan ling-kungan hidup, sehingga kualitas ekosistem tetap terjaga yang diatur dengan undangundang.
  • Mendayagunakan sumber daya alam untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat dengan memperhatikan kelestarian fungsi dan keseim-bangan lingkungan hidup, pembangunan yang berkelanjutan, kepentingan ekonomi dan budaya masyarakat lokal serta penataan ruang yang pengaturannya diatur dengan undang-undang.
  • Menerapkan indikator-indikator yang memungkinkan pelestarian kemampuan.



1 komentar:

  1. The new Sega Mega Drive port of 'The Dreamcast' returns with
    Sega Mega Drive 논산 출장안마 port of 'The Dreamcast' returns with new features including: Sonic 영천 출장샵 the 태백 출장안마 Hedgehog 2, Altered Beast and Contra: Hard 제주도 출장마사지 Corps. 경주 출장마사지

    BalasHapus

nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari

MAKNA NILAI –NILAI SETIAP SILA PANCASILA 1.       Sila Pertama : “Ketuhanan Yang Maha Esa” Sila pertama ini mengandung pengertian...